Bose Radio

Berita Teknologi Terupdate

Ilustrasi Anak Belajar
Kesehatan

Paksa Anak untuk belajar Justru Bisa Buat Otak Menjadi Tegang

Banyak orangtua yang memaksa anak mereka guna belajar. Namun saat anak tidak mau, urusan tersebut justru tak akan maksimal dan menciptakan otak anak justeru menjadi tegang.

“Begitu anak dipaksa, otaknya tegang dan pelajarannya tidak bakal terserap oleh otak,” kata psikolog anak Vera Itabiliana sejumlah waktu kemudian di Jakarta.

Cara yang sangat jitu untuk menciptakan anak lebih efektif belajar ialah dengan bermain. Bagi yang masih duduk di TK sampai kelas 3 SD, belajar dengan bermain ini lebih seru dan gampang diterima anak.

“Dunia anak diisi dengan bermain. Jadi, teknik belajar sangat nyaman ialah dengan belajar seraya bermain,” kata Vera.

Saat bermain dan merasa senang, tubuhnya bakal memproduksi hormon dopamin dan serotonin yang secara tidak langsung menambah minat belajar.

“Dengan bermain, anak merasa lebih senang, perhatian dengan apa yang dipelajari serta tercebur dalam kegiatan belajar,” jelas Vera.

Jenis permainannya pun dapat beragam, laksana memanfaatkan penciptaan slime, bermain plastisin dan lain-lainnya.

“Di samping diskusi dengan anak, orangtua dapat memanfaatkan gadget untuk menggali permainan yang menarik. Jadi, gadget bisa dominan positif untuk kecerdasan anak, bahkan membantunya belajar menjelang ujian,” tandas Vera.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menulis sambil tidur itu seperti memasak tanpa bumbu.